Arsip

Archive for the ‘Windows’ Category

Download versi terupdate Open Office 3.2

Februari 16, 2010 1 komentar

Saingan Microsoft Office yang bersifat open source ( GRATIS TIS ! 😀 ), Openoffice.org 3.2, sudah bisa Anda unduh hari ini juga di situsnya www.openoffice.org

Software ini dikabarkan booting lebih cepat, punya dukungan Open. Document Format (ODF) dan file dokumen Office milik Microsoft yang lebih baik, serta mendukung font Opentype berbasis postscript.

Rilis ini hadir setelah OpenOffice.org mencapai tonggak sejarah 300 juta unduhan dalam kurun waktu 10 tahun sejak ia dirilis.

Suite produktivitas yang gratis dan terbuka ini mencakup semua komponen dasar office, mulai dari pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafis, dan rumus dan database. Peningkatan pada versi 3.2 mencakup upgrade ke modul spreadsheet Calc. Modul Chart mendapatkan “perubahan penggunaan” dan menyertakan tipe-tipe baru chart.

Download : klik disini !

Iklan

Ping

Februari 16, 2010 Tinggalkan komentar

Apa kabar semua ? lama sudah tak menuliskan sebuah kata terususun menjadi kalimat nan paragraf. Mungkin terlalu sibuknya sampai blog terlupa dan terabai. Namun tak 100% terbuang meski kadang teracuh. Sehingga semua berfikir dan merenung, ada apa gerangan ? ah padahal itupun tidaklah penting.

Sudah ah basa-basinya he he :D, Aku atau Saya atau Me atau Kulo … Ingin membagikan pengetahuan yang saya tahu tentang networking, lebih spesifik lagi tentang salah satu perintah dos di operating system windows yang berfungsi dan berguna unutk trobleshooting jaringan.

Ping,

apa itu ping ??? ping bukanlah sebuah warna, bukan pula sebuah merah pudar ataupun muda, ping berakhiran “g” bukan “k” jadi tidak bisa dimaknai sebuah warna 😀 so … mbulet ae yo wkkkkkwkwkk …

Ping merupakan perintah untuk mengecek koneksi jaringan sebuah komputer ke HUB, router, atau komputer yang lain.

mungkin sudah banyak yang tau dan bisa jadi juga belum banyak yang tau tentang apa itu “ping”, yang jelas ping bukanlah “warna” hehehe ( dibahas mene?!! ckckck )

misal :

Gambar diatas adalah contoh penggunakan perintah “ping” ke alamat IP 192.168.5.1 , di dalam gambar tersebut Komputer mencoba mengecek koneksi jaringan apakah terkonek atau tidak, dan hasilnya jika seperti diatas berarti telah ” terhubung / konek ”

Lain halnya jika terputus atau tidak konek atau tidak terdeteksi, maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

nama kerennya adalah RTO singkatan dari request time out, yang berarti koneksi gagal, terputus, tidak konek, atau tidak terdeteksi.

Sebenarnya masih kurang penjelasan diatas, he he … saya jg bingung mau nulis apa? he he … di sambung kapan2 ja deh

to be continued

Outlook Express

Hmm … outlook express ??? bagi orang2 yang sudah banyak berkecimpung di dunia komputer sebagai operator dan pengguna, di warnet, para karyawan dikantoran, dsb akan tidak asing bila mendengar sebuah apa itu outlook express. Yups … itu adalah sebuah program email client yang berfungsi mengefisienkan proses komunikasi via email.

Oleh karena mail system via web atau biasa disebut “webmail” membutuhkan proses yang cukup lama, hehe karena apa ? mungkin koneksi internetnya yang begitu bertele2 dan banyak yang diproses, maka kinerja webmail menjadi lamban. Disinilah peran dan fungsi sebuah program email client seperti ” outlook express ” ini, program tersebut secara efisien dan cepat memproses dan mengelola email2 kita. Kita dapat menarik/mendownload email dari account webmail kita dengan cepat ( koneksi POP3 ), kemudian kita juga dapat mengirimkan/sending email dengan proses yang cukup cepat pula ( koneksi SMTP ). Dan secara operasi dan kinerja outlook express lebih cepat dan praktis dibandingkan dengan bila kita langsung memakai fasilitas webmail ( koneksi HTTP ). Oleh karena itulah program outlook express ada, yaitu sebagai program yang meng-efisiensikan kinerja proses pengiriman dan penerimaan email kita.

Selain outllok exprees juga banyak program email client lainnya seperti, eudora, incridiblemail, fivemail, office outlook, pegasus mail, dll. Dari semua program2 tsb semua rata2 berfungsi sama pada intinya, mungkin perbedaannya hanya pada tampilan, tools2, dsb.

Untuk bagaimana cara mensetting awal, membuat account baru, dan bagaimana cara menggunakannya/mengoperasikannya, insallah nanti akan aq postingkan di pembahasan selanjutanya … trims

to be continued

Apa Itu Deep Freeze ?

Maret 14, 2009 20 komentar

Mungkin sudah banyak yang tau tentang deepfreeze ( DF ) ini. DF adalah sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk merestore/mengembalikan setingan system operation ( OS ) anda ketika anda menset / menginstall deepfreze pertama kali di komputer anda, hmm bingungnya ??? singkatnya begini, jadi kita mempunyai sebuah OS yg sudah ready, trus OS tsb kita bekukan ( istilah freeze ) mungkin semacam dibuat image gitu, nah setelah itu kita pakai apapun dan kita rubah apapun settingan2 OS tsb, maka ketika kita merestrat komputer, akan kembali ke settingan pada sat kita mem-freeze nya ( membekukannya ), hehe … masih bingung juga atau saya nih yg ga pandai menjelaskannya 🙂 hehe

berikut beberapa penjelasan dari orang2 yg mungkin sudah berpengalaman :

Deep freeze merupakan salah satu program aplikasi dimana fungsinya untuk memprotek sebuah PC dari berbagai macam kemungkinan bila ada orang yang iseng / mo ngejahilin PC. Jadi simpelnya .. tuh program bikin komputer kita jadi beku (kayak di ES). Jadi mo dihapus, mo diformat, gak rentan dari serangan virus (Kebal), maka datanya akan balik lagi seperti awal. Prosesnya seperti di Image. Gitu … Masalah kelemahan atau apa gue gak bahas .. Terus, termasuk juga bila komputer itu udah di “Freeze”, gak bakalan bisa di entry data. Misalnya loe ketik di drive C yang udah di deep freeze, meskipun loe udah ngetik 100000000 (nolnya kurang banyak) … tetep aja gak bisa masuk. Kecuali di proses Thawed ..Enak kok .. cucoook untuk warnet atau kantor … Thx dikutip dari forum diskusiweb

Deep Freeze, oleh Faronics, adalah aplikasi suite untuk Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Deep Freeze gives administrators the ability to protect the core operating system files and configuration files of an environment without eliminating the usability for (most) end users. [ 1 ] Deep Freeze memberikan administrator kemampuan untuk melindungi inti sistem operasi file dan file-file konfigurasi dari suatu lingkungan yang tanpa menghilangkan kegunaan untuk (kebanyakan) pengguna akhir. from wikipedia

Yah itu sekelumit pengertian fungsi dari deep freeze, menurut berbagai versi namun tidak merubah fungsi sebenarnya sebuah deep freeze. Hmm ada keuntungannya sih, namun ada kerugiannya juga, menurut saya gini :

Keuntungan Deep Freeze :

  1. Kita tidak perlu lagi khawatir denagn ancaman virus, sebab setelah komputer terinfeksi virus, kita tinggal merestart komputer tsb dan maka komputer kembali dalam keadaan sebelum terkena virus. Yah berkali2pun virus masuk setelah restart yah kemudian hilang tuh virus, hehe 🙂 sip sip
  2. Jika mungkin kita tidak sengaja merubah system misal control panel dan registry, jangan perlu khawatir, restart saja komputernya maka kembali keadaan awal
  3. Atau mungkin ada orang iseng yang sok tau kemudian merubah2 settingannya menjadi kacau, hmm ga perlu khawatir ya tinggal restart aja
  4. Software ini sangat cocok dan dianjurkan untuk komputer2 warnet yang memang dipakai oleh beberapa user yg berkarakter beda2

Kekurangannya mungkin ini :

  1. Kalau kita lupa men-“tawed” atau menonaktifkan DF sebelum menambah dan menginstall program2, maka kita percuma itu saja dan menjadi pekerjaan yg sia2, hehe so jadi jng sampe lupa kalau mau merubah / menginstall program baru.
  2. Terkadang juga DF itu rada error, eh HDD malah ga bisa booting OS, karna partisinya menjadi kacau, ini sangat jarang terjadi sih
  3. Hmm … misal ni yah, kalo kita lupa password hehe maka komputer tsb tidak dapat kita otak-atik kan juga percuma, selama dalam kondisi “freeze”/”frozen”. Dan terpaksa kita format dan install ulang, eh lupa apa bisa diformat yak partisi HDD yg sudah terdeepfreeze, hehe … ??? sek tak golekane iso o ra ?
  4. ok cukup, kalo nambah ya ntar tak tambahkan

Sekian semoga bermanfaat bagi rekan2 sekalian, trims all …

Disable Autorun Pada USB

Maret 7, 2009 4 komentar

Ini adalah salah satu cara antisipasi terhadap serangan virus yang mempunyai fasilitas autorun.inf, yang memungkinkan virus dapat jalan secara otomatis ketika kita menancapkan USB FlashDisk ke komputer. Agar virus tidak jalan otomatis saat USB FlashDisk di tancapkan, maka kita harus men-disable fasilitas autorun/autoplay windows pada semua drive, USB dan CDRom Drive.

Berikut langkah – langkah men-disable autorun/autoplay windows :

  1. Klik start – run
  2. Ketikan gpedit.msc kemudian enter / klik OK
  3. Setelah masuk, pil;ih option computer cofiguration – administrative template – system
  4. Cari list “turn off autoplay” kemudian klik 2x
  5. Klik pada option enable
  6. Pada options turn of autoplay on, pilih all drive
  7. Klik apply – ok
  8. Ulangi langkah diatas pada option user configuration – adminitrative template – system
  9. ok, selesai 🙂

disable-autorun-or-enable-off-autoplay

Mengubah Tampilan Windows Dengan TrueTransparency

Saat ini ada banyak sekali software yang dapat digunakan untuk mengganti tampilan Windows, misalnya dengan transformation pack yang pernah di tulis di sini, WindowBlinds, Talisman, dan sebagainya. Salah satu “kelemahan” dari transformation pack adalah seringkali membuat Windows kurang stabil alias sering hang.

Sekarang ada lagi software yang bisa Anda gunakan untuk membuat “beda” Windows Anda, yaitu dengan menggunakan TrueTransparency. Software ini cukup kecil, tidak makan resource yang besar dan yang tidak kalah penting adalah gratis :)

Kalau Anda pengen mencoba TrueTransparency, Anda bisa download di http://www.crystalxp.net. Untuk tambahan skin baru Anda bisa download di http://browse.deviantart.com.

TrueTransparency tidak dilengkapi dengan installer, jadi untuk menjalankan software ini Anda tinggal mengekstrak file yang sudah Anda download dan klik 2x pada file TrueTransparency.exe.

from : klik aja !