Beranda > Berita Menarik > Heboh Ular Raksasa Kalimantan Sepanjang 33 Meter

Heboh Ular Raksasa Kalimantan Sepanjang 33 Meter

Ular raksasa itu tertangkap kamera.

Sabtu, 21 Februari 2009 | 05:45 WIB

BARU-BARU ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Hiii…

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.

Foto itulah yang menjadi perdebatan luas di Malaysia saat ini. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu. New Straits Times di Kuala Lumpur, juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak mempercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di sungai Baleh Borneo mempercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

Nah, pertanyaannya, bila foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan, kecuali dalam film Anaconda: The Hunt For The Blood Orchid yang laris itu.

Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembaban, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam. (yan/berbagai sumber)

from : kompas.com

  1. Treante
    Februari 21, 2009 pukul 10:37 pm

    Bukannya udah pernah dijadiiin film ma orang Hollywood? Yang anaconda 2 ituloh…

  2. sukoco
    Februari 23, 2009 pukul 10:16 am

    Maaf bukan gak percaya, jika membuat artikelnya jangan terlalu heboh donk.
    Memang hampir memenuhi sungai tapi dalam arti luas hampir memenuhi paling tidak jarak antara badan ular dengan tepi sungai 1 meter, tapi jika dilihat photonya 1/2 sungai ja tidak ada.
    Gimana.
    Sekali lagi maaf, terima kasih

    • Februari 23, 2009 pukul 10:25 am

      trims atas komentnya @sukoco … tapi kira2 ada gak ya lebar sungai di kalimantan cuman <2 meter, paling gak kan 3 – 6 meter untuk sungai yg paling kecil lebarnya … dan sungai besar pasti lebih dari itu. trims …

  3. boy
    Februari 23, 2009 pukul 11:43 am

    wow

  4. Februari 23, 2009 pukul 8:17 pm

    wah bahaya jg yah kalo kita berenang ato mancing di sungai itu, bisa ditelan mentah2 nih, hahaha… =P

  5. Februari 23, 2009 pukul 8:53 pm

    Coba perhatikan diameter lingkaran tajuk pohon pada gambar tersebut yang paling tidak mencapai rata-rata 5 meter, kemudian bandingkan dengan lebar sungai. Menurut saya, lebar sungai ini paling tidak ada mencapai 50 meter. Lebar yang masuk akal untuk ukuran sungai di Kalimantan.

    Namun apakah gambar ini hanyalah sebuah alur jejak yang ditinggalkan oleh speed boat *yang juga biasa melintas di sungai kalimantan* minimal 200 HP yang melaju dengan full speed???

  6. Februari 24, 2009 pukul 4:44 pm

    pay xu chen,,,!!!!! 🙂
    legenda ular putih tooo

  7. Februari 25, 2009 pukul 3:22 pm

    kita lihat aja kebenaran berita tersebut, semoga akan ada penelitian lebih lanjut

  8. org malaysia
    September 2, 2009 pukul 12:12 pm

    saya percaya memang ada ular yg lebih besar,kerana kawan ayah saya sewaktu memancing di sungai terlihat ular melebihi tebing sungai dan tebing sungai di sebelah sana,.,tempatnya di dungun, terengganu,malaysia..,.,.( di sungai durian mentangau,dungun),.,mahu percaya terpulang kpd anda.,.,.

  9. Desember 31, 2009 pukul 11:25 am

    dipancing aja pake cacing……….

  10. jurex_katro
    Maret 24, 2010 pukul 12:10 pm

    Kemana-mana harus bawa kamera nih,sapa tau nemu ular buesaar,gambarnya-kan bisa dijual.

  1. September 7, 2009 pukul 4:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: