Arsip

Archive for Januari, 2009

Tips Menjaga Komputer dari Serangan Virus

Januari 2, 2009 3 komentar

Memang virus tu bikin pusing, hehe trus emang ga da kerjaan kok yg suka buat-buat virus tu, udah bikin orng bingung, kesel, stress kadang, pasti dijamin ganjaran dosa yg ntar dia dapatkan, coz bikin orang susah sih …

Oleh karena banyaknya virus-virus yg beredar di dunia komputerisasi ini, saya ingin berbagi tips untuk menjaga komputer agar tidak mudah terkena serangan virus :

  1. Pasang program antivirus, AVG, Kaspersky, Norton, Symantec, dll terserah mau pake yang mana asal database terupdate
  2. Aktifan settingan “resident shield” atau sistem recover antivirus tersebut, agar bila sewaktu ada fole virus maka akan terdeteksi secara otomatis dan akan dikarantina/didelete otomatis
  3. Salah satu penyebaran virus adalah lewat flashdisk, ketika kita menancapkan flashdisk yg terinfeksi virus, maka komputer kita akan terinfeksi pula, ini disebabkan karena terdapat file ” autorun.inf” pada flashdisk yg mengaktifan file virus tsb pada saat kita menancapkannya. Untuk mencegah hal ini, maka kita harus menonaktifkan fasilitas autorun windows, caranya … start – run – ketik gpedit.msc kemudian ok/open … setelah itu pada ” computer configuration ” – administrative templates – system, cari turn off autoplay, klik 2x – setting enable dan set pada all drive, maka autorun pada semua drive akan disable, kemudian ulangi setingan tsb pada ” user configuration ” atau lihat caranya di sini
  4. Untuk antisipasi, selalu back up data-data anda yg anda anggap penting sebagai simpanan bila mungkin tidak sengaja data tsb terinfeksi virus, DOC, XLS, PDF, dan terutama pada data base ( .DBF )
  5. Sekali lagi, jangan lupa selalu mengupdate antivirus anda

Mungkin Insyaallah dengan beberapa tips diatas, semoga komputer anda dapat terjaga dari virus-virus nakal, hehe … amien

Iklan
Kategori:Komputer Tag:, ,