Beranda > Komputer > Komputer Sering Hang, Kenapa ?

Komputer Sering Hang, Kenapa ?

Kebetulan, beberapa minggu ini saya menjumpai para client mengeluh tentang komputernya yang terlalu sering hang. Belum 5-10 menit dinyalain, eh udah “hang”, mouse ga bisa gerak. Dan terpaksa menekan tombol reset di CPU buat restart/reboot ulang windows. Tapi itu juga percuma setelah beberapa menit komputer “hang” lagi, hehe sampe pusing katanya.

* DCMedia * apa itu? :)

Memang ketika komputer hang ada penyebabnya, kemungkinan pertama bisa ada software yang crash dengan system windowsnya. Hmm … menurut saya ada beberapa faktor kemungkinan penyebab kenapa komputer bisa hang :

  1. Pertama mungkin OS nya rusak karena sesuatu entah apa itu, bisa virus, salah men-delete files system, sering tekan tombol reset karna mengira komputer “hang” padahal tidak.
  2. Mungkin ada salah satu software yg berjalan crash dengan system windows ? OS nya, bisa disebabkan software tidak terinstal dengan sempurna atau ada komponen file yg corrupt. Umumnya dan biasanya software antivirus.
  3. Mungkin OS nya terkena virus yg tergolong ganas dan memakan/membutuhkan memory berlebih, sehingga menyebabkan system OS kekurangan memory RAM untuk proses, itu yang menyebabkan komputer menjadi “hang”
  4. Masih mengenai software, kemungkinan terlalu banyak software yang dijalankan, sehingga memory RAM kekurangan dan minim. Ini juga sering dialami para pengguna komputer yg tidar sadar bahwa kapasitas RAM sudah maksimum terpakai, akibatnya komputer menjadi lambat dan kemudian “hang”
  5. Ada juga cuman masalah sepele … Karna kita saking asyiknya memakai komputer tsb sehingga kita lupa unutk membersihkan dan merawatnya, membersihkan debu – debu di dalam CPU. Misalnya pada bagian FAN Processor, bagian ini lumayan vital, sebab fungsinya unutk mengatur / menstabilkan suhu temperatur Processor. Kalau suhu terlalu panas, maka akibatnya komputer akan “hang” atau sering me-restart sendiri.
  6. Ada kemungkinan hardware didalam CPU ada masalah, kemungkinan pertama adalah memory RAM, ya tidak menutup kemungkinan hardware lainnya yang kena, jadi di cek satu-persatu aja. Namun menurut pengalaman sih kalo gak memory RAM ya motherboard.
  7. Oh ya, harddisk juga rawan sebagai penyebab, karena harddisk yg sudah lama pemakaiannya rawan untuk bad sector, dan sering minta untuk di fix partition format ( chkdsk ) . Atau kapasitas harddisk sudah terpakai maksimum, sehingga untuk prosespun menjadi lambat dan akhirnya nge-“hang”.

Yak … inilah 7 dari banyak kemungkinan penyebab komputer sering “hang”. Mungkin masih banyak lagi yg belum saya tuliskan karna memang yg saya tahu cuman itu tok, hehe. Besok mungkin akan saya tambah lagi kalo ketemu penyebab yg laen.

Berikut solusi dari ke-7 penyebab komputer menjadi “hang” :

  1. Cara satu-satunya adalah dengan cara melakukan repair installasi OS. Atau diinstall ulang OS juga boleh kalau memang dibutuhkan.
  2. Coba jalankan semua software yg terinstall, jika menemukan salah satu software yg menjadi penyebabnya, segera uninstall atau repair jika mempunyai master programnya. Kalau memang penyebabnya antivirus, lebih baik di unsintall kemudian install ulang antivirusnya dan lakukan update.
  3. Nah untuk permasalahan virus, coba hilangkan virusnya dari komputer dulu, cara untuk menghapus virus sih bermacam dan bervariasi tergantung jenis dan system kerja virus tsb. Untuk lebih detilnya coba kunjungi vaksin.com. Atau kalau kamu punya komputer lain yg bebas virus, bisa di scan dulu harddisk kamu di komputer yg terbebas virus.
  4. Whehe … ya ini yang paling seru, udah tau kalo memory nya kecil, eh malah nekad buka program banyak, sambil main game lagi ckckck … saran saya ya lakukan upgrade, beli lagi memory RAM yang lebih besar. Oh iya kalau mau nge-cek memory RAM udah terpakai berapa bisa masuk ke task manager – performance – PF usage.
  5. Kalo emang kotor ya dibersihin dong. Coba buka casing CPU bersihkan semua dari debu, terutama debu-debu pada FAN processor. Bisa menggunakan kuas, ditiup dg sedotan, bisa dibolak-balik, bisa dikipasin, yang penting debunya hilang, yah .. sesuai kreatifitas masing-masing lah.
  6. Kalau sudah tidak ada masalah dengan sofware dan semua komponen sudah bersih dari debu, hmm … jadi … Hardware mungkin yg rusak, jadi coba compare komponen2nya, ganti memory RAM dengan yang berfungsi baik. Intinya semua komponen yang di dalam CPU di test satu-persatu, hehe capek sih, tapi ya mau gimana lagi.
  7. Oh iya dikarenakan hardisk sudah berumur, maka ada kemungkinan unutk bad sector, ini menyebabkan format partisi rawan untuk rusak. Untuk memperbaiki format partisi, lakukan perintah pada command prompt, ketik “chkdsk (drive mana) /f” yang mana /f berfungsi untuk men-fix kan format partisi harddisk. cat : perintah chkdsk ini tidak bisa memperbaiki bad sector, cuman bisa memperbaiki partisi format harddisk.

Nah demikian yang bisa saya share ke rekan2 sekalian, hmm … tidak menutup kemungkinan masih banyak penyebab dan solusi yang lebih baik dari apa yang telah saya tuliskan. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Oh iya kalau ada kesalahan apa yang saya utarakan/tulis boleh kok melengkapi / menyempurnakan di kolom comment. :)

Trims …

go publish … klik us

  1. Elvis
    Maret 21, 2009 pukul 3:56 pm

    woi,,, thx ya semoga bisa membantu kompiku yg sering hang ^_^

  2. H20
    April 10, 2009 pukul 10:47 pm

    Kalo misalkan nge hang nya tuh pada menit2 awal abis dihdpkan,dan sekitar 3 menit,udah gitu normal,kira2 knp ya?Thx

  3. April 11, 2009 pukul 1:14 pm

    @ Elvis, ok broo … trims udah mampir …

    @H20, itu sih normal om, komputer pada awal2 memang memproses load system pada winlogon.exe, semakin bnyk program yg diload semakin lama prosesnya, hehe … biasa sih yg lama tuh load program antivirus, yg biasa melakukan quick scan, itu mungkin yg bikin lemot dan hang sesaat …

  4. okta
    September 7, 2009 pukul 12:14 pm

    maslah gue sama kayak diatas tapi kalo gak heng ke restart sendiri.
    vga gue baru ganti , seblemunya juga pake vga yag sama fx5500 agp 256

    karena gue pikir kipas nya rusak dan masalh di vga gue ganti yang sama speknya.

    tapi maslah masih ajh nih. knpa yah mohon solusinya

  5. September 16, 2009 pukul 10:24 am

    emm coba ganti power supplynya, kemungkinan daya supply menurun, sehingga menyebabkan hang, atau langsung restart sendiri …

  6. ros
    Januari 8, 2010 pukul 12:08 pm

    assalamu’alaikum numpang tanya klo nge-hang nya pas sudah di shut down masalah nya kenapa tuh,,,,,

    • Januari 22, 2010 pukul 4:18 pm

      waalaikumsalam …, biasanya OS/Systemnya yg troble, di repair ja

  7. dwi
    Januari 9, 2010 pukul 8:05 pm

    computer kalau dipakai buat internet suka hang kenapa ya?

    • Januari 22, 2010 pukul 4:19 pm

      memorinya kurang tuh, upgrade memori ja, ntar jadi lancar …

  8. Januari 19, 2010 pukul 4:35 pm

    Kompi gw udh sy minimalkan banget software yg jln, tp knp ya msh sering hang setelah di windows? prosesor baru ganti,udh gw bersihkan dalemannya, bahkan antivirus jg udh gw matiin. kompi cumak buat loket listik online doang. tadinya sih ok, baru akhir2 ini aja hang, knp ya kira2..?

    • Januari 22, 2010 pukul 4:22 pm

      speknya apa mas ? Processor ? memori ?

      OS-nya itu yg trobel, btw pake windows apa ?

  9. indra
    Februari 24, 2010 pukul 8:34 am

    bos komputer aku sekarang sering hang gara-gara tak kasih vga agp 128 ati 9550.spesifikasi kompiku mobo p27g,intel pentium 2,66 ghz,memori 512+256 pc 4200.kira-kira apanya!!!vga apa yang cocok buat kompiku makasih!!perna pake nvidia malah gak bisa masuk windows xp sp2

    • Februari 25, 2010 pukul 2:00 pm

      hang dibuat apa mas ? nge-game ? bisa jadi VGAnya yg error mas

  10. sweety_one
    Februari 27, 2010 pukul 4:11 pm

    kompiQ kakeen game ki mas…!!!
    enaknya di apain..hehehehe :P

    • Maret 1, 2010 pukul 12:18 pm

      Game2 yg ga kepake di uninstall ja … ^_^

  11. Sams
    Maret 11, 2010 pukul 1:44 pm

    Gan, kompi gw tdix normal z, tpi blkngn nie sering hang mesti di reset z, mlhn skrg di reset jg g mti2 tu kmpi, ya kpksa dh gw cbt kblx, bru mti, pas gw idupin lgi mlh g idup2, trs gw cbt kbl PS ke MB bru bsa idup lg, tpi gt lgi brulang trs ampe pusing, dah gw cek PS x pke yg laen msi ttp ky gt,. gw kira OS nya yg g bnr,..,dh dcb instl ulang ttp z g naek2..,dgaan gw ci hadwerx,.. Apa Mb atw apax yh,., mgkin juragan da yg lbh tw mhn pncerahanx,..,

    • Maret 13, 2010 pukul 1:46 pm

      pertama, cek fan/kipas processornya, apakah berputar dg maksimal, ato rada lambat, dan bisa jg fan/kipas kurang nempel dg prosesor sehingga menybabkan over heat / kepanasan, so sering restart sendiri…

      kedua, cek memori, compare dg yang laen, ato test di mainboard laen.

      terakhir, kemungkinan mainboardnya yg error, solusinya ganti dg yg baru, ato di service kalo masih bisa.

  12. akmal firmansyah
    Maret 13, 2010 pukul 9:37 am

    bisa saja rusak nya adalah mainbord …

  13. Sams
    Maret 13, 2010 pukul 11:44 pm

    Udh d cek fan procesorx normal, iya dgaan gw c mbx, tpi msi pnsrn nie, tdi dah gw clear cmos, trs gw hdupin tnpa hdd ampe 8 jam mlhn, g da mslh mksdx wkt gw pnct ctrl alt del, restart normal, bsk rncnax mw ngcek smbl psg hdd, mga z bnr,.,klw msi g bnr,..Bnr kyx d mb, thanks y gan ats srnx..,

    • April 28, 2010 pukul 3:57 pm

      yups, :) maaf late replay

      sebaiknya ganti mainboard baru ja :) tu lebih sip ^_^ hehe

  14. sandking
    Maret 18, 2010 pukul 3:58 am

    mau tanya kom gua sering hang, setelah pemakaian kira2 8 jam an. itu kenapa ya,

    • April 28, 2010 pukul 3:59 pm

      8 jam ya ? emmm buat apaan ni ? kerja ( ngetik2 / email2 / net ) ato buat nge-game ?

      wah masih belum bisa di lacak troubelnya sebelah mana, bung sandking hehehe

      tp sebaiknya di pasangin pendingin aja CPUnya unutk menstabilkan suhunya gat tdk trlalu panas, pake fan/kipas yg dipasang di chasing tu

  15. April 22, 2010 pukul 2:32 pm

    ihhhhh . . . . komputer ku itu lho kak, hang . . . . . terus,
    asal jalankan aplikasi langsung hang, instal printer pake cd hang lagi, yaudah ku restrat eh, datanya ada yang ilang, huh pening aku
    . . . awak anak komputer tapi komputer sendiri nggak tahu.
    itu karena virus atau komputernya yang da tua ya kak ?

    • April 28, 2010 pukul 4:02 pm

      wah komputernya pentium brp mas kekai ? hehehe mungkin udah waktunya ganti dg yg baru, dg core core hehehe :D

  16. Ochenk
    Mei 4, 2010 pukul 7:20 pm

    Truz Kta HarUz Gimana DOnk Mas…?

    • Mei 11, 2010 pukul 11:38 am

      kita ya harus tetep semangat menjalani hidup :) ^_^

      CiaAayyooo .. !!! hehe

  17. abdul
    Mei 18, 2010 pukul 12:29 pm

    komputer saya sering ngehang tapi klo cpu nya saya sorotin dengan kipas angin baru bsa, pakah itu karena prosesornya kpanasan atau gmn?atau saya harus gnti fan nya?

  18. Mei 25, 2010 pukul 3:07 pm

    iya, itu karna FAN, sudah pasti, FANnya ga mampu mendinginkan, lebih baik diganti aja dg yg baru :)

  19. Rifqi
    Juni 1, 2010 pukul 7:31 pm

    mas saya mw tanya,kenapa ya,komputer saya hang waktu mengedit video makai windows movie maker,trus kalau saya end task di windows task manager gak mau,kenpa ya ?????

  20. yoga
    Juni 2, 2010 pukul 11:14 pm

    komputer saya pentium 4 RAM 512 gk ada game yang terinstal di komputer saya…
    tp kenapa akhir2 ini sering hang…..

    saya sudah melakukan tune up utiliti, cclener, cek hardisk dengan perintah chkdsk /f ….
    sudah tak scan antivirus tp gk ada virus nya….

    itu kenapa ya mas,….
    paling saya cuman ngetik2 doang ….

    Terima kasih sebelumnya….

  21. Juni 3, 2010 pukul 1:11 pm

    @Rifqi … bisa jd karena video makernya rusak, jd perlu di repair windows ja, coz tu program bawa’an windows XP :)

    @Yoga … coba di cek hardwarenya mas, kemungkinan pertama, FANnya udah ga bisa muter maksimal, sehingga panas, dan menyebabkan heng, kedua mungkin memorynya yg dah rusak :)

  22. Juni 10, 2010 pukul 4:52 pm

    ada yang membutuhkan jasa maintenance komputer dan jaringan ? sistem kontrak atau panggilan ? di selurud area surabaya dan sekitarnya … kami DCMedia ( http://dwiciptamedia.wordpress.com/ )siap memenuhi kebutuhan anda dalam hal perawatan komputer dan jaringan

  23. Abdurrahman
    Juni 16, 2010 pukul 11:08 am

    Saya mau tanya. Komputer saya sering banget hang. Waktunya bermacam-macam kadang ketika akan login ke user, kadang ketika lagi browsing, kadang ketika lagi main game, dan kadang baru masuk ke user langsung hang. Emang sih komputer ku itu udah lama banget terus jarang dibersihin, tapi komputer ku juga pernah kena virus ganas terus saya install ulang deh. Apa ya sebenarnya penyebabnya terus solusinya gimana ??? Terima Kasih

    • Juni 16, 2010 pukul 11:22 am

      di bersihin dulu aja mas, siapa tau FAN prosesornya dah sngt kotor n bnyk debu melekat, saran saya di bersihin dulu aja, … coz mungkn gara2 prosesornya panas, trus sering menyebabkan hang

      — sama2 mas — salam kenal :)

  24. feri
    Juni 17, 2010 pukul 3:05 pm

    komputer saya sering banget mousenya hang dengan tiba2 kira2 klu dipake sekitar 8jam-an gitu. padahal dah sering di bersihin dan sdh d instal ulang jg windowsnya.Spek komputernya Intel Dual Core 2.7GHz MB ECS Memory 1 GB HDD 250GB VGA 512 9300GS. Mohon bantuannya dunk…

  25. Juni 18, 2010 pukul 1:23 pm

    @fery … wah mungkn CPUnya kepanasan mas, wajar dipake 8 jam, hehehe :D … coba kasih FAN chasing aja, buat stabilin suhunya byar ga kepansan :)

  26. Juni 21, 2010 pukul 10:09 pm

    mau tanya mas komputer saya hang pas main game doank kira2 knp y?
    sedangkan kalau untuk ngetik atau browsing bisa tahan 24 jam full tanpa hang…
    k’lo main game itu juga kadang2 sering g hang sampe 1 harian full walaupun seringan hang nya…
    tolong masukannya kk

    • Juni 25, 2010 pukul 9:58 am

      @defakku > wah kadang normal, kadang hang, normal, trus sering hang, dan itu sering hang karna buat game, … hemm coba upgrade VGAnya mas, mungkn VGAnya kurang support untuk maenin gamenya, itu yg jd penyebab seringnya hang kalo buat game

  27. Ferdinal
    Juli 2, 2010 pukul 10:41 am

    bos klo kmptr bru d install tpi msih ska hang jga apnyah ya bos???? 10 cara yg d atas sdah sya ikuti tpi msih jg bos????
    tlong d bntu ya…
    klo bsa jwabannyah krim lwat email ja ok bos.. thanks
    ferdinaldinal@rocketmail.com

    • Juli 6, 2010 pukul 11:52 am

      bisa jadi itu karena hardwarenya, coba sek memory,mainboardnya, hardisk mungkn dah badsector

  28. andhy_5
    Juli 5, 2010 pukul 1:26 pm

    mas, komputerq juga punya penyakit kya gitu (hang) tapi ngehangnya gak mesti kadang setelah di pake 5 jam, kdang baru beberapa detik dihidupin udah ngehang malah kadang belum masuk windows udang ngehang… kata temenaq zinknya harus diganti, apa benar mas..??
    kemarin udah aq coba mau instal ulang tapi gak bisa coz dalam proses instal ulang komputernya langsung ngehang…
    tolong solusinya mas..??
    spesifikasi komputerq:
    IP4 1,8 DDR2 1GB VGA256 HD40 (masih sisa 14GB)…
    O..iya motherboardnya masih lumayan baru (11 bulan pake)…
    trims

    • Juli 6, 2010 pukul 12:00 pm

      motherboard baru, hardisk lumyan, prosessor ga ngaruh rasanya, … jadi kemungkinan memorynya dah rusak mas, coba diganti aja dulu, pinjem temen gitu hehe :), .. trus coba lakukan install ulang, ada hang ga ???, biasanya sih proses install windows nge-hang, disebabkan memory

  29. Agustus 7, 2010 pukul 8:22 pm

    mksh sob artikelmu ckup membantu saya, laptop baruku mmbuat aq bingung cos sering heng hang, hehe

  30. faisal
    Oktober 10, 2010 pukul 8:33 am

    Mas, kenaa ya pada saat loading windows, kok sering hang, kipas prosesor baru ganti. tapi kadang lancar. apa ya penyebabnya?

  31. marchellina
    Oktober 17, 2010 pukul 6:16 am

    mau tanya komputer aq kadang suka hang kalo di pake 2 jam trus port usb ga conect tp semua’a baik2 saja kadang malah suka hidup sendiri komputer q pentium D 2.4 Ghz memory 1 Gb. mhn bntuanya

  32. Oktober 19, 2010 pukul 8:40 pm

    bos, laptop ane klo bwt main game warcraft III kok sering hang ya?
    ane pke win XP, ram 1 gb, vga 256(shared), proc 2.0 ghz, kenapa ya?? << bantu ane

  33. Oktober 27, 2010 pukul 9:36 pm

    nice post gan… jd bs nambah referensi :D

  34. firman Sardi
    Oktober 31, 2010 pukul 10:51 pm

    Minta tlong nih..
    Komputer sy klu user accountnya baru di pakai untuk apa aja bisa, trus klu sudah sy pake sekali dan sy restaart atau matiin dulu sekitar 2 jam atau 1 hari sy pake uuer account itu lagi dan setelah proses OS jalan dan kita mau menjalakan progam apa aja, tiba2 mousenya hang sendiri..klu kita restart masih juga seperti itu klu pake user account tsb, tapilucunya klu kita pake user accountnya Guest, komputer dan mousenya tidak bermasalah..kira2 masalahnya apa ya.. dan klu user account yg bermasalah kita delete dan di ganti yg baru komputer hanya bisa dipakai hanya sekali..klu sudah off atau restart maka mousenya akan hang lagi..terima kasih atas infonya..

  35. hamdy
    November 19, 2010 pukul 2:41 pm

    ada yang taw g caranya mengatasi komputer yang nge hang pada awal desktop muncul dan hal tersebut di karenakan avira ada yg bs bantu supaya komputernya baik lg g’

  36. Desember 14, 2010 pukul 5:06 pm

    assalamuailkum,,,,mhon bntuan komputer saya sering hang setelah masuk windows knpa y?

  37. mayong_punn
    Januari 7, 2011 pukul 9:48 am

    help me….. mas laptop ku kalo d idupin kok terus g nyala ya, knp ya kira”? padahal aku make nya biasa” ja paling paling aku cuma browsing 6 smpe 7 jam an.
    thankz infonya….

  38. Januari 13, 2011 pukul 2:46 pm

    bang maaf nih saya baru ngalamin masalah di atas…
    – komputer saya sering heng ..dan hardisk paling lama 5 menit klo komputer nya nyala udah panas banget…
    cumn bisa di gunakan komputer nya sekitar 20-30 menit lalu heng…layar nya goyang ada warna kebiru-biruan dan ngga bisa di gerakkan mouse nya..
    – klo heng di restart lagi bisa normal lagi …tapi klo udah sampai 20-30 menit heng lagii…
    pertanyaan saya .: 1. apa penyebab jd komputer nya sering heng kya gto bang.??
    2. terus apa karna hardisk nya ..??
    3. gimn cara agar komputer nya bisa normal lagi .??
    hanya itu yg saya tanyakan bang..klo abang ngga sibuk tolong kasih jawaban dan saran nya bang…terima kasih..

  39. Januari 13, 2011 pukul 2:50 pm

    wah laptoku juga sering ngehang, trus masuk kriteria yang mana nih ya??

  40. Indra Ardian
    Januari 26, 2011 pukul 4:41 pm

    Semua yang dikasih tau diatas udah aku ikutin semua. Tapi kenapa masih sering hang terus ya?

  41. Februari 8, 2011 pukul 2:20 pm

    bantu dong sobat peyebab computerku ini pentium 4 / 2.0 intel ram 1 gg vga 128 /5200
    penyebab baru2 ini bermain online pb di waktu bermain sering heng sebentar kadang2 restat gamenya kalo di pencet2 mos / kibotnya bersuara tit,tit 2/3 kadang panjang mohon bantuannya terima kasih.

  42. oka
    Februari 12, 2011 pukul 3:26 pm

    mas aku mau tanya kok kalo aku maen game untuk 4 PC ada yang ngga bisa masuk yah? apa karena AV, switchnya or kabel LANnya. mohon pencerahhanya mas? thanks
    sementara spek kompie AMD XII 245, Mb ecs, vga 512 ddr3 2 Gb

  43. kenzie
    Februari 21, 2011 pukul 7:25 pm

    kenapa kalo komputer lagi nyala trus lama di biarkan, sampai muncul screen saver setelah mouse di goyang kembali, langsung hang , terpaksa harus di restart manual,

  44. arul
    Februari 22, 2011 pukul 8:28 am

    thanks berat mas,..hehe.. Artikel yg bgus, nambahin ja,mungkin jg pasta yg da di prosesor udh kering n abis,jd mudah panas…

  45. aku
    Maret 13, 2011 pukul 5:59 pm

    info yang bermanfaat theks ..

  46. Mei 31, 2011 pukul 1:13 pm

    thanks ya bro

  47. Kompiku Sering Ngehang
    Juni 3, 2011 pukul 11:07 am

    om, kl dari pasta ke procesor itu ngaruh ga ?

  48. chris
    Juni 15, 2011 pukul 12:05 pm

    kom gw suka hang , gejala ni kluar pas setelah install game sims3, nah anehnya, main game lancar. tapiii klo buka win explorer aja hang???? plus, main game sims 3 lancar tapi suka mati sendiri (restart) nah aku bersihin komputer terutama FAN kompter, semua nya clean! but masih hang juga klo buka win explorer, buka tune up 2010 yang bagian clean registry, cuma itu doang bikin hang, klo yg lain misal bawaan tune up, disk doctor, defrag disk, defrag registry, dll. aku pake game booster 2.3 utk boost game sims3, lalu aku coba taruh kipas angin super gede (krisbow) tru setel ultra high but mendingan but masih mati sendiri klo main game sims 3 dan masih hang klo buka win explorer, saya scan pke avast! gaada viruus, avast! nya dh update…. gimana dong… nih spek kom:
    pentium 4 2.80 GHZ
    win xp
    1024 MB RAM
    VGA radeon x600 (ATI)
    kondisi FAN: bersih dan agak kencang sampai jari sakit sekali :P
    dilengkapi kipas angin krisbow gede
    harusnya ga overheat
    please balas ya.. butuh amat, firefoxnya juga hang2 klo mo donlod,

  49. evan
    Agustus 23, 2011 pukul 1:50 pm

    PS ku pernah kebakar n air dr elconya kena MB, sampai MBnya korslet.
    Sekarang dah aku ganti PS & MBnya dengan yg baru, tapi knp skrg ini PC ku sering hang? OSnya dah pernah di reinstall tapi tetap hang padahal pemakaian baru kira-kira 10′.
    Sampai-sampai software yang terinstal dah t remove semua tinggal software standard aja.
    Tetap g ada perubahan, tolong dong Gan tipsnya…… thanks

  50. tedy
    Oktober 31, 2011 pukul 12:43 pm

    Asslmkum…komputerku suka hang saat connect intrnet padahal memory yg terpakai hanya 750 mb dari 3.5gb knpa ya.? thanks

  51. November 15, 2011 pukul 10:22 pm

    wah,,sama kaya komputer saya nih,,,,,sebelumnya MB saya NextBoard, bisa buka sekaligus semua program bahkan sekalian buka video dan Winamp,,,tapi ketika MB saya rusak dan diGanti dengan MB Advance, hanya bisa buka satu program, jika lebih dari dua atau main game,,malah hang, , padahal Memory 1GB DDR2 + VGA Card ATI 512 MB,,,,,mohon bantuan solusinya,,,apakah Power Suplay saya yang sudah gak kuat,maklum sudah lebih dari 2THn,,,,,,TY

  52. Desember 12, 2011 pukul 1:19 pm

    thanks ya gan… :)

  53. joshua jonathan
    Desember 28, 2011 pukul 10:58 am

    gan , saya mau tanya nih , koq kom saya klo lagi main game , koq tiba” hang sendiri yah ? tiba” mouse ga gerak ,layar semua diem , tapi klo di restart komputer nya , pasti bisa lagi , knapa yah gan ? mnta saran ny dong :)

  54. fattah
    Desember 28, 2011 pukul 6:58 pm

    kenapa komputer saya suka hang kalo dipakai buat internet
    apanya ya yang kurang?

  55. ponx-ponx
    Desember 29, 2011 pukul 5:27 pm

    mau nanya nie Gan…
    komputer saya dach instal windows 7, sampe selesai… itupun pas waktu proses instal lama, hampir 1 jam… pada awalnya komputer saya berjalan normal, tiba2 panah cursor tidak bisa gerak / ng-Hank!!! lalu saya restart, kembalie biasa… ngk lama kemudian ng-Hank lagie!!!
    Gimana ni Gan solusinya??? Apa komputer saya tidak memenuhie standar untuk windows7? Speck Komputer saya AMD Athlon(tm) 64 X2 Dual Core Processor 4200- 2.20 GHZ RAM 1.50 GB
    Terima kasih y Gan sebelumnya….

  56. Dra. wahyuni
    Desember 29, 2011 pukul 7:19 pm

    komp aq sering ngeheng,tau2 restart sendiri,klo scan anti virus pasti muncul komp anda kurang sehat,apakah komp aq kena virus,trus ngilanggin virusnya gimana y?
    bagi solusinya donk,
    tenks ya

  57. boy
    Januari 6, 2012 pukul 5:33 pm

    gan, klo gua buka video streaming dari youtube dll kok sering hang ya ?
    browser udah instal ulang/update,mozilla sm chrome sama aja,plug-in nya jg udah gua update tapi masih hang
    spek:AMD Athlon II X2 250,RAM nya 2gb,HDD 244GB
    mohon pencerahan nya gan

  58. adi
    Maret 15, 2012 pukul 4:23 am

    bos kompiku jga hang ,,padahal speknya dah lumayaaaan bgus tpi knpa ya kok hang trus,setiap 3blan sekali aq bersihkan semua,,apkah pnyebabnya,,apa power suplynya ato yang lainnya mas,,
    tolong di bantu ya mas
    mksih??????

  59. Juni 28, 2012 pukul 8:22 pm

    gan,kenapa ya pc sya kan saya main games nya gta san anderas pc pas udah bisa pas mau keluar dari rumah si gta nya tuch pc nya malah nge hang

  60. Juni 28, 2012 pukul 8:26 pm

    jadi apa masalah komputer sya nya ya????

  61. naufal
    Juli 10, 2012 pukul 2:31 pm

    gan, saya mau nanya nih knp komputer saya tidak bisa membuka aplikasi yg ada di komputer saya trus mouse nya di ketik sana kesini g ada yg mau kebuka sama sekali itu knp y??……….
    awal cerita nya saya coba menginstall anti virus esset smart 4 lalu saya tunggu beberapa menit terus proses instal y g mau jalan > lalu saya langsung restart aja cpu y,, pas hbs di restar komputer saya langsung ngeheng masalah nya mouse nya msh bisa bergerak tapi di klik ke start atau pun ke aplikasi lain nya tidak mau kebuka itu knp y gan…. jd pusing ane tolong donk kasih tau solusi mengatasi y thnks :)

  62. Juli 29, 2012 pukul 1:32 am

    bos, klo misal kan hang pada saat main game online d web to0 gmna…. pdhal buka browsing yg lain selain game bsa z……?

  63. Bonno
    Oktober 15, 2012 pukul 4:06 pm

    bagi numb km doong bos

  64. Desember 18, 2012 pukul 5:45 pm

    When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
    checkbox and now each time a comment is added I get several e-mails with the
    same comment. Is there any way you can remove me from that service?
    Thank you!

  1. Juni 11, 2010 pukul 11:11 am

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

